Pages

Sunday, November 9, 2014

PURA HYANG SANGKU


Pura hyang sangku terletak di dusun Sidawayah, kecamatan Sawan, kabupeten Buleleng, provinsi Bali. Jaraknya sekitar 85 kilometer dari pelabuhan gilimanuk. Keunikan yang ada pada pura ini dapat anda lihat dari bentuk pelinggih-pelinggih yang ada di dalamnya. Meskipun berada di Bali Utara, bentuk pelinggih di pura ini hampir sama dengan pelinggih-pelinggih yang tereletak di Bali Selatan dan dapat anda lihat dari tata letak yang tidak seperti pura lain di Bali. Jika biasanya pura dibagi berdasarkan tiga bagian, tidak demikian dengan Pura hyang sangku yang tidak memiliki wilayah jaba tengah. Sehingga begitu kita masuk, kita sudah tiba di halaman paling dalam atau yang dikenal dengan istilah jeroan.

Keunikan lainnya adalah fungsinya yang digunakan untuk memuja Betara hyang sangku atau Betara Ngertanin Jagat sebagai dewa yang mengatur dan melimpahkan kesejahteraan kepada dunia. Kini, dewa tersebut lebih dikenal dengan nama Ida Betara Hakim Agung. Kepercayaan itulah yang menyebabkan banyak orang datang ke sini.
Biasanya orang yang bersembahyang disini merupakan pejabat, orang yang hendak meraih jabatan, ataupun orang yang telah menunaikan tugasnya setelah menjabat di pemerintahan. Karena mereka percaya bahwa selain mengandalkan kemampuan diri sendiri, memohon berkah, petunjuk, dan bimbingan dari-Nya akan memantapkan langkah mereka dalam mencapai tujuan karir.


Dewa Patih Sakti Geni
(Tempat mengaturang guling jika ada yang memohon untuk kenaikan jabatan(biasanya petapa yang mengaturang guling atas apa yang di berkahi) )



Pelinggih Dewa Patih


Piasan Bengkala
Gede & Putri

0 comments:

Post a Comment